Bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Sejumlah Manfaat Diperoleh UKM bila memiliki IUMK

Ahmad Nurdin | Selasa, 29 Maret 2016 - 13:25:32 WIB | dibaca: 11522 pembaca

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM) meluncurkan kartu izin usaha mikro kecil (IUMK) bagi pelaku usaha kecil di Indonesia.

Deputi Pengembangan dan Rekstrukturisasi Usaha Kemenkop- UKM, Braman Setyo menjelaskan, kartu itu sudah diluncurkan di tujuh daerah di Indonesia. Salah satunya Kabupaten Sukoharjo. Dikatakan, ada sejumlah manfaat yang didapat ketika pelaku usaha kecil itu memegang IUMK. Di antaranya kelangsungan usaha, kemudahan akses dana ke perbankan dan lembaga nonperbankan, serta akses pendampingan dan adanya lembaga penjamin.

Daerah yang sudah menggunakan IUMK ini berarti sudah ada Peraturan Bupati atau Wali Kota tentang Pendelegasian Kewenangan Pada Camat untuk izin pelaku UMK, terang Braman Setyo. Artinya, setiap pelaku usaha meminta izin usaha cukup ke camat dan tidak perlu lagi repotrepot. Ketika sudah menerima data dari pelaku UMK, camat akan menerbitkan surat.

Surat tersebut bisa dibawa ke bank, dalam hal ini BRI dan membuatkan IUMK. Pihak bank akan membuka IUMK tersebut yang berisi seluruh data-data pelaku usaha, by name by addres. Termasuk usaha apa, di mana, sejak kapan, dan di mana alamat pemegang IUMK.

Ketika pelaku usaha mengajukan pinjaman ke BRI tidak memenuhi persyaratan, Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindored) yang akan berperan. Jamkrindo akan memberikan jaminan agar di pelaku usaha itu mendapat kucuran dana, bebernya.

Lebih Berkembang

Dana yang diluncurkan itu, kata Braman, tidak terbatas sesuai dengan pengajuan pelaku usaha. Terkait dengan pengawasan nanti, pihaknya akan bekerja sama dengan Pemprov dan Kabupaten/Kota untuk memantau. Diharapkan dengan IUMK tersebut, pelaku usaha kecil bisa lebih tenang dan berkembang, karena sudah ada penjaminan yang dilakukan oleh pemerintah. Jadi kalau sudah pegang kartu ini sudah tidak akan kena lagi gusuran,katanya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippindo), Diding S Anwar yang juga Direktur Utama Perum Jamkrindo mengatakan, ketika nanti ada pelaku usaha yang kolap, Jamkrindo yang akan menanggung. Jadi ini merupakan layanan penjaminan terhadap pelaku usaha kecil. Sudah ada MoU-nya dengan tiga kementerian, yaitu Kemendagri, Kemendag, dan Kementerian Koperasi dan UKM, tegasnya.

Menurut dia, pelaku usaha kecil memang mendapat fasilitas tersebut dengan harapan, usaha mereka bsia berkembang dan menggerakkan roda perekonomian nasional. Terlebih, saat krisis tahun 1998 dulu, usaha kecil yang tidak terkena dampaknya. Karena itulah dilakukan pemberdayaan agar kelangsungan usaha mereka terjamin.

‪#‎KemenkopUKM‬ ‪#‎IUMK‬ ‪#‎UMKM‬ ‪#‎Wirausaha‬










Komentar Via Website : 1035
igireni
16 Oktober 2020 - 03:27:28 WIB
[url=okok://mewkid.net/when-is-xuxlya/]Amoxil[/url] <a href="okok://mewkid.net/when-is-xuxlya/">Amox icillin 500mg Capsules</a> orq.vfwy.diskopumkm.bekasikab.go.id.kmy.hs okok://mewkid.net/when-is-xuxlya/
Kampus Terbaik di Lampung
20 Oktober 2020 - 13:20:12 WIB
baguss
Hasan diman yutista
20 Oktober 2020 - 23:05:57 WIB
Gimana cara daftar untuk mendapatkan dana umkm
Hasan diman yutista
20 Oktober 2020 - 23:06:02 WIB
Gimana cara daftar untuk mendapatkan dana umkm
Hasan diman yutista
20 Oktober 2020 - 23:06:02 WIB
Gimana cara daftar untuk mendapatkan dana umkm
ridhoiwae
21 Oktober 2020 - 10:34:40 WIB
kampus top sumatera by RY

okoks://www.teknokrat.ac.id/
Kampus Sang Juara
22 Oktober 2020 - 14:49:58 WIB
World Class University : okoks://www.teknokrat.ac.id
Aditya Mrdianto
23 Oktober 2020 - 19:45:59 WIB
Bila kami pelaku usaha kecil sudah terdaftar di kantor UMKM, apakan ada dana bantuan modal yang benar benar hibah dari pemerintah?
Irwansyah
24 Oktober 2020 - 07:49:29 WIB
Assalamu'alaikum wr.wb.

Bapak/ibu admin apakah pengurusan Banpres dapat dilakukan secara online? Apakah masih dibuka pendaftaran nya?

Terimakasih,
Wassalamu'alaikum wr. wb.
bangno id
04 November 2020 - 09:06:55 WIB
thanks for sharing


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)