Bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Sejumlah Manfaat Diperoleh UKM bila memiliki IUMK

Ahmad Nurdin | Selasa, 29 Maret 2016 - 13:25:32 WIB | dibaca: 3916 pembaca

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM) meluncurkan kartu izin usaha mikro kecil (IUMK) bagi pelaku usaha kecil di Indonesia.

Deputi Pengembangan dan Rekstrukturisasi Usaha Kemenkop- UKM, Braman Setyo menjelaskan, kartu itu sudah diluncurkan di tujuh daerah di Indonesia. Salah satunya Kabupaten Sukoharjo. Dikatakan, ada sejumlah manfaat yang didapat ketika pelaku usaha kecil itu memegang IUMK. Di antaranya kelangsungan usaha, kemudahan akses dana ke perbankan dan lembaga nonperbankan, serta akses pendampingan dan adanya lembaga penjamin.

Daerah yang sudah menggunakan IUMK ini berarti sudah ada Peraturan Bupati atau Wali Kota tentang Pendelegasian Kewenangan Pada Camat untuk izin pelaku UMK, terang Braman Setyo. Artinya, setiap pelaku usaha meminta izin usaha cukup ke camat dan tidak perlu lagi repotrepot. Ketika sudah menerima data dari pelaku UMK, camat akan menerbitkan surat.

Surat tersebut bisa dibawa ke bank, dalam hal ini BRI dan membuatkan IUMK. Pihak bank akan membuka IUMK tersebut yang berisi seluruh data-data pelaku usaha, by name by addres. Termasuk usaha apa, di mana, sejak kapan, dan di mana alamat pemegang IUMK.

Ketika pelaku usaha mengajukan pinjaman ke BRI tidak memenuhi persyaratan, Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindored) yang akan berperan. Jamkrindo akan memberikan jaminan agar di pelaku usaha itu mendapat kucuran dana, bebernya.

Lebih Berkembang

Dana yang diluncurkan itu, kata Braman, tidak terbatas sesuai dengan pengajuan pelaku usaha. Terkait dengan pengawasan nanti, pihaknya akan bekerja sama dengan Pemprov dan Kabupaten/Kota untuk memantau. Diharapkan dengan IUMK tersebut, pelaku usaha kecil bisa lebih tenang dan berkembang, karena sudah ada penjaminan yang dilakukan oleh pemerintah. Jadi kalau sudah pegang kartu ini sudah tidak akan kena lagi gusuran,katanya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippindo), Diding S Anwar yang juga Direktur Utama Perum Jamkrindo mengatakan, ketika nanti ada pelaku usaha yang kolap, Jamkrindo yang akan menanggung. Jadi ini merupakan layanan penjaminan terhadap pelaku usaha kecil. Sudah ada MoU-nya dengan tiga kementerian, yaitu Kemendagri, Kemendag, dan Kementerian Koperasi dan UKM, tegasnya.

Menurut dia, pelaku usaha kecil memang mendapat fasilitas tersebut dengan harapan, usaha mereka bsia berkembang dan menggerakkan roda perekonomian nasional. Terlebih, saat krisis tahun 1998 dulu, usaha kecil yang tidak terkena dampaknya. Karena itulah dilakukan pemberdayaan agar kelangsungan usaha mereka terjamin.

‪#‎KemenkopUKM‬ ‪#‎IUMK‬ ‪#‎UMKM‬ ‪#‎Wirausaha‬










Komentar Via Website : 1019
jelly gamat qnc
15 Juni 2016 - 10:30:03 WIB
sangat menginspirasi, thanks atas share nya gan okok://www.jeligamatqnc.com
Makanan Pedas Dapat Menyebabkan Maag
15 Juni 2016 - 22:59:50 WIB
mohon maat atas kunjungannya gan !
okok://bekasikab.go.id.gl/lqOqUJ
Longrich
01 April 2017 - 19:42:05 WIB
Salam sukses dari Longrich Indonesia di www.longrich.id
Waterco
01 April 2017 - 19:47:59 WIB
Untuk urusan perizinan pemerintah memang sudah seharusnya memfasilitasi agar roda bisnis UKM semakin lancar. Untuk urusan peralatan filter air, pompa air kolam renang dll serahkan saja pada Poolmart di www.waterco.id
Surya Logam
01 April 2017 - 19:51:30 WIB
He he he.. ikut nimbrung dong gan.. untuk warga Bekasi dan sekitarnya yang mau belanja material logam jangan lupa klik saja www.suryalogam.com
Tabung Pemadam Api
01 April 2017 - 19:56:49 WIB
Ane juga ikutan nimbrung boleh dong.. untuk urusan isi ulang dan supply tabung pemadam api di Bekasi silahkan mampir ke www.inos.co.id Kwalitas dijamin bagus, harga dijamin murah deh..
Direktori UKM
01 April 2017 - 20:03:49 WIB
Direktori UKM Indonesia mendukung penuh dan siap berkolaborasi dengan semua pihak terkait dalam mempromosikan produk dan jasa UKM khususnya yang berdomisili di Bekasi.
John
18 April 2017 - 22:25:17 WIB
Salam sukses dari bisnis to bisnis www.kickbisnis.com/jasa-review/
untung prasetyo
22 April 2017 - 13:04:34 WIB


Mohon infonya pak. Untuk daerah saya kabupaten banjarnegara jawa tengah sudah bisakah ngurus izin IUKM?



Jawab. Bisa



Di daerah masing masing terlebih dahulu konsultasikan dengan dinas terkait 


heru
09 Oktober 2017 - 09:04:31 WIB
Assalamualaikum.wr.wb
Untuk pengurusan IUMK di kecamatan cikarang barat biayanya berapa ya? 2 th lalu saya mau coba bikin tanya2 d kecamatan biayanya 500rb,masa biayanya mahal bingittttt,untuk syarat2 saya sdh komplit,dari SKU, NPWP DLL, mohon jawaban pastinya,trimksh
AwalKembali 123... 102 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)