Berita

Menyambut Nahkoda Baru Dinas KUKM

Ahmad Nurdin | Senin, 27 Januari 2020 - 13:32:37 WIB | dibaca: 255 pembaca

Drs. H. Iyan Priyatna, M.Si., Ir. H. Agus Trihono, MP., H. Atang Firmansyah, S.Sos., dan H. Taufik Hidayat, ST. MM., berfoto bersama keluarga besar Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) usai melaksanakan prosesi Sertijab, di Telaga Seafood, Cikarang, Selasa (5/11) pagi.

Drs. H. Iyan Priyatna, M.Si., resmi menahkodai Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Kabupaten Bekasi menggantikan pejabat sebelumnya, yakni Ir. H. Agus Trihono, MP. Iyan memulai memimpin Dinas KUKM ditandai dengan digelarnya acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang berlangsung di Telaga Seafood, Cikarang, Selasa (5/11) pagi.

Selain Sertijab untuk posisi Kepala Dinas, pada acara pagi hari itu juga dilangsungkan Sertijab untuk posisi Sekretaris Dinas (Sekdin) yakni antara H. Atang Firmansyah, S.Sos., dengan H. Taufik Hidayat, ST. MM., sebagai Sekdin yang baru. Pada hari yang sama, diperkenalkan pula Kepala Seksi Pemberdayaan dan Perlindungan Koperasi, Maman Abdurrahman. Maman yang sebelumnya bertugas di Dinas Pendidikan ini mengisi posisi yang dulu dijabat oleh (alm) Entoh Koswara, ST. MM.

Dari pengamatan di lokasi, nampak hadri para Kabid, Kasi, Kasubag dan seluruh staff Dinas KUKM. Acara Sertijab berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan. Bahkan antara satu pejabat dengan pejabat lainnya kerap kali saling melempar guyonan.

"Saya mohon dukungan dan diterima sebagai keluarga besar Dinas KUKM. Karena apalah artinya saya kalau tidak dibantu oleh rekan-rekan sekalian," kata Drs. H. Iyan Priyatna, M.Si., mengawali sambutannya.

Selain dukungan dari semua pihak di Dinas KUKM, hal lain yang juga diharapkannya adalah kerjasama baik dengan pelaku usaha, asosiasi, dan mintra kerja dinas.

"Mari kita fokuskan lagi kegiatan, disinergiskan lagi program agar outputnya lebih kelihatan. Karena semua perangkat kerja pemerintah memang dituntut untuk terus berinovasi. Jadi harus berpikir out of the box. Tapi tentunya dari sisi substansinya, bukan dari sisi prosedural. Celaka nanti. Jangan sampai ada yang terjerat masalah hukum dikemudian hari," tegasnya seraya mengajak seluruh elemen Dinas KUKM untuk juga fokus dalam bekerja.

"Saya kira besok kita sudah bisa berkumpul supaya saling mengenal dan memulai rapat perdana. Mengingat di sisi tahun berjalan ini masih ada beberapa kegiatan yang belum atau akan berlangsung. Kita masih punya waktu sekitar satu bulan lagi untuk merealisasikan kegiatan yang sudah direncanakan," ujar Iyan penuh semangat.

Terkait dengan kegiatan dan program pada Dinas KUKM ini, Ir. H. Agus Trihono, MP., yang menjabat posisi Plt. Kepala Dinas merasa optimis bahwa dinas dapat merealisasikan kegiatannya. Ia melaporkan, bahwa anggaran Dinas KUKM pada tahun 2019 yaitu mencapai Rp8,8 miliar, dengan realisasi sampai oktober sekitar Rp4,8 miliar atau sekitar 55,4%. Adapun dari 34 kegiatan yang sudah terlaksana ada sebanyak 21 kegiatan.

"Sementara sisa anggaran sebesar Rp3,9 miliar. Kami kategorikan dalam dua kelompok; kegiatan onprogress sebesar Rp1,3 miliar, dan kegiatan yang sedang akan berlangsung dengan total nilai Rp1,5 miliar atau sekitar 4 kegiatan. Mudah-mudahan realisasi kita diakhir tqhun anggaran sekitar 74%-an," ungkapnya.

Diakhir sambutannya, Agus Trihono mengharapkan supaya kedepan koperasi dan UKM di Kabupaten Bekasi dapat lebih maju. "Koperasi kita ada 900-an, dan memang perlu pendataan yang akurat lagi. Sedangkan UKM ada sekitar 15 ribu. UKM kita ini kepanjangan dari usaha kecil dan menengah. Fokus kedepan disarankan agar mengarah pada usaha kecil dan mikro. Sebab kemarin ada salah satu narasumber itu bilang kalau usaha menengah sulit dibina karena mereka lebih pintar dari yang membina," jelasnya.

Usaha kecil dan mikro yang dimaksud adalah yang sesuai dengan ketentuan dalam undang-undang. "Jadi kalau ada (pelaku usaha) yang menengah itu serahkan ke industri (Dinas Perindustrian)," imbuh dia.

Kemudian untuk koperasi, tambahnya, ia berharap supaya program dan kegiatan dinas dapat menyehatkan koperasi yang ada. "Dan tentunya harapan kita kedepan yaitu menciptakan semacam sistem informasi mengenai RAT. Jadi semuanya berbasis online, dan tentunya ini juga akan mempermudah kerja kita."

"Terakhir, saya mohon maaf selama 4 bulan ini. Kita tetap silaturahmi. Tentunya sebagai manusia kita pasti ada salahnya. Semua yang dicapai itu karena kerja keras Bapak dan Ibu sekalian," pungkas dia.

Ketua Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Kabupaten Bekasi, H. Toto Iskandar, SE., yang hadir dalam acara Sertijab turut memberikan komentarnya. Menurut, H. Toto, selama menjalani tugas Agus Trihono dinilainya sebagai sosok yang mampu menjawab tantangan-tantangan.

"Selamat jalan Pak Agus, semoga selalu sukses dimana pun Bapak berada. Jarang orang kayak pak agus ini, jadi walau pun bukan definitif namun punya program JITU: jujur, inovatif, tekun, ulet. Semua dijalankan oleh pak agus. Dan saya juga ucapkan selamat bertugas kepada Pak Iyan. Semoga Bapak bisa bersinergi dengan temen-temen di dinas."

"Kepada sekretaris yang baru juga saya ucapkan selamat datang dan selamat bertugas. Ini generasi muda. Insya allah kami pun akan membantu. Pak Atang, semoga sukses pak di tempat yang baru. Sekarang sudah gak capek-capek lagi pak naik turun tangga," kata H. Toto yang langsung disambut gelak tawa para tetamu undangan. (Ccp/TS)

 










Komentar Via Website : 2
Mobil Second
10 Mei 2020 - 08:40:38 WIB
selamat ya UMKM wiki.karinov.co.id
Ahmad rohili
13 Oktober 2020 - 18:05:53 WIB
Saya ingin daftar UMKM online
gmna caranya
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)