Bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Meningkatkan Daya Saing UKM Melalui Kemasan yang Menarik

Ahmad Nurdin | Senin, 27 Januari 2020 - 13:35:38 WIB | dibaca: 445 pembaca

Kepala Bidang UMKM, Mirtono Suherianto, SH, MM., Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Bekasi, Drs. H. Iyan Priyatna, M.Si., dan Kepala Seksi Pengembangan dan Promosi Produk UMKM, Dra. Lia Amalia, MM., berfoto bersama narasumber dan para peserta pelatihan.

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Bekasi menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Kemasan Produk Makanan dan Minuman Bagi UKM di Hotel The Celecton, Simpangan, Kec. Cikarang Utara, Rabu (6/11) pagi. Kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari program Penciptaan Wirausaha Baru.

Kepala Bidang UMKM, Mirtono Suherianto, SH, MM., menjelaskan dua tujuan utama diselenggarakannya kegiatan tersebut, yakni untuk meningkatkan kompetensi UKM dalam pengenalan pengemasan produk dan agar para pelaku UKM dapat mengetahui fungsi penggunaan, serta jenis kemasan yang diterapkan di dalam pemasaran produknya.

"Oleh karena itu, kegiatan ini sangat penting untuk diikuti teman-teman UKM," ucapnya dengan nada semangat. "Pasalnya, jika kemasan produk UKM jelek, maka jangankan membeli melihat saja konsumen sudah malas. Sebaliknya, kalau kemasannya bagus, orang tidak tertarik dan tidak akan ragu membeli," ujar Mirtono.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Bekasi, Drs. H. Iyan Priyatna, M.Si., dalam sambutannya pun mengamini ucapan Mirtono. Menurutnya, kemasan amat penting karena memiliki fungsi mendasar yakni untuk melindungi produk dari kerusakan, sehingga lebih mudah disimpan dan dipasarkan. "Selain itu, kemasan juga menjadi identitas produk, penambah daya tarik, sarana promosi, alat informasi dan komunikasi terhadap konsumen," kata Iyan menjelaskan.

Mengingat pentingnya kegiatan ini, Iyan mengingatkan kepada para peserta agar mencermati betul-betul masukan yang diberikan oleh narasumber dan instruktur. "Kami berharap, hasil dari kegiatan hari ini adalah agar pelaku UKM mampu bersaing melalui kemasan yang baik dan menarik," pungkasnya.

Sekadar informasi, kegiatan pelatihan kemasan ini berlangsung selama dua hari dengan peserta yang terdiri dari wirausaha pemula pada hari pertama, dan UKM yang sudah memiliki usaha di hari kedua. Adapun yang bertindak sebagai narsumber yaitu dari Rumah Kemasan Bandung, CEO. Rumah Kemasan Bandung Mohamad Firsan, Manager Produksi CV. Rumah Kemasan Bandung Ridha Rifandi, dan Designer CV. Rumah Kemasan Bandung Crisan Damyati.

Berdasarkan pengamatan di lokasi acara, nampak hadir Kepala Seksi Pengembangan dan Promosi Produk UMKM, Dra. Lia Amalia, MM., Kepala Seksi Pemberdayaan Usaha Mikro, Martawijaya Gultom, S.Sos, MM., dab Kepala Seksi Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan, Abdul Yasin, S.Pd. (Ccp/TS)

 










Komentar Via Website : 2
Putri Tiara
20 Oktober 2020 - 07:24:33 WIB
Admim YTH. Sama mau tanya, orangtua saya sudah daftarkan Diri untuk bantuan BANPRES UMKM. tetapi KTP tidak terdaftar setelah di cek di BRI online. Apakah bisa daftarkan kembali untuk menerima bantuan? Tolongjwb terimakasih
Asrul Aminullah
07 November 2020 - 19:26:18 WIB
Bang admin..ane mau tanya banpres UMKM..
SDH dpt SMS dr BRI info
Pas di cek di eform BRI kok TDK terdaftar..
Bgmn solusinya ??????
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)