Bidang Data dan Fasilitasi Pembiayaan

Gelar Pelatihan,

Dinas KUKM Bekali Peserta dengan Peralatan Usaha

Ahmad Nurdin | Senin, 27 Januari 2020 - 13:34:19 WIB | dibaca: 482 pembaca

Para pejabat Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Kabupaten Bekasi menyempatkan diri berfoto bersama para peserta kegiatan. Peserta nampak antusias mengikuti jalannya kegiatan pada pagi hari itu.

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Kabupaten Bekasi tak lelah-lelahnya berupaya menelurkan bibit-bibit pengusaha pemula. Upaya itu dilakukan salah satunya melalui kegiatan Pemberdayaan UMKM Melalui Sarana Produksi yang dilaksanakan di kompleks Masjid Al-Isra Tridaya Mandiri, Perum Tridaya Indah Estate IV, Desa Tridayasakti, Kec. Tambun Selatan, Senin (11/11) pagi.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Kabupaten Bekasi, Drs. H. Iyan Priyatna, M.Si., mengatakan bahwa Upaya pemberdayaan UMKM termasuk witausaha pemula semakin diperlukan, sebab tidak hanya berlandaskan kepada alasan ekonomis yaitu meningkatkan pendapatan masyarakat dan kontribusinya terhadap ketahanan ekonomi nasional, tetapi juga karena adanya dasar yuridis formal sebagaimana dimaksud UUD Pasal 27 dalam bentuk penyediaan dan/atau penciptaan lapangan kerja.

"Pemerintah Kabupaten Bekasi kemudian menterjemahkan amanat tersebut melalui berbagai pendekatan dan program strategis yang saling terkait dan terpadu," kata dia. Salah satu program strategis dimaksud adalah penumbuhan dan pengembangan wirausaha pemula, baik yang berasal dari kalangan terdidik sehingga mampu menekan jumlah pengangguran dan penduduk miskin serta menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Di sisi lain, pelaksanaan pelatihan ini, lanjut Iyan, dilandasi atas pemahaman sejumlah persoalan yang menjadi titik lemah UMKM. Antara lain adalah kurangnya akses permodalan, kualitas SDM pengelola masih rendah, iklim usaha belum kondusif dengan kebijakan pemerintah untuk menumbuh kembangkan UMKM, masih rendahnya pola pola kemitraan antara pelaku usaha kecil, belum adanya produktivitas unggulan dari para pelaku usaha kecil, sehingga kurang berdaya saing, dan terbatasnya akses pasar.

"Karena itu, dalam kegiatan ini peserta tidak hanya dibekali dengan ilmu, tetapi juga diberikan alat peraga yang nantinya diharapkan dapat dijadikan modal pertama dalam merintis usaha selanjutnya, sehingga tidak berhenti sampai dengan pelatihan hari ini saja," jelasnya.

Sofi, salah seorang instruktur dari LPK Gita Pertiwi, menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas KUKM ini. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat baik, karena itu harapannya tidak hanya dilakukan sekali. "Harapannya, ke depan ada pembinaan untuk peserta supaya pemasarannya juga bisa meluas. Permodalan juga perlu supaya mereka bisa lebih maju. Intinya harus terus dibimbing," ungkapnya di sela-sela acara.

Kegiatan pagi hari itu diselenggarakan selama tiga hari, yakni sejak 11-14 November 2019. Kepala Bidang Data dan Fasilitasi Pembiayaan, Dra. Hj. Iis Setiawati, MM., dalam laporannya menyebut bahwa kegiatan ini diikuti oleh peserta dari 16 kelompok mewakili kecamatan, per kelompoknya mengirimkan 5 orang. "Jumlah itu untuk pelatihan abon, sedangkan untuk pelatihan sablon digital yang diselenggarakan besok diikuti 40 orang peserta dari berbagai kelompok," ucapnya.

Dalam pantauan kami di lokasi acara, nampak hadir sejumlah staff dan pejabat dinas, antara lain Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Koperasi dan UMKM, Dra. Hj. Triana Junita, MM., dan Kepala Seksi Fasilitasi Pembiayaan, H. Rohim Abdul Rohim, S.Pd. (Ccp/TS)

 










Komentar Via Website : 5
Fathurrohman
20 Oktober 2020 - 22:07:01 WIB
Assalamualaikum.. kepada kepala dinas koperasi kabupaten Bekasi,
Nama saya Fathur Rohman, alamat kampung pisang batu RT 001/004 kertamukti, Cibitung.
Saya mempunyai usaha dibidang makanan,pembuatan Donat dan brownies.
Dengan menulis surat ini, saya ingin mengajukan permohonan kepada dinas kukm, kami ingin sekali dibantu masalah peralatan roti, seperti oven,dan mixer, peralatan yang kami punya sudah tidak layak,kondisi nya sudah rusak,dan hasil produksinya jadi kurang maksimal,
Di masa pandemi seperti ini sangatlah sulit untuk bisa membeli peralatan seperti itu. Dikarenakan harganya yg sangat mahal. Oven + mixer sekitar 39jt.
Mudah mudahan pihak dinas KUKM bisa membantu kami.
Cukup sekian dari saya, saya ubekasikan terimakasih.
Wassalamu'alaikum
Asmah
23 Oktober 2020 - 09:47:25 WIB
Assalamualikum wr.wb
Kepada kepala dinas koperasi
Nama asmah
Nik 3216115506650024
Kp.kalenderwak rt/rw001/002
Ds.karang sari
Kec.cikarang timur
Kab.bekasi
Saya mempumyai usaha dibidang gas dan galon
Saya menulis disini ingin mengajukan permohonan agar kiranya bapak kepala dinas koperasi bisa membantu saya agar usaha saya lebih maju dan bisa memperbanayak dlm usaha saya gas dan galonya.
Semoga kepala dinas umkm bisa membantu kami.
Wasalamu'alikum wr.wb
Irma
26 Oktober 2020 - 22:56:23 WIB
Assalamualaikuum....

Bapak/ibu yang terhoman...

Sya mau daptar bpum gmana caranya....
Irman
26 Oktober 2020 - 22:57:54 WIB
Assalamualaikuum....

Bapak/ibu yang terhoman...

Sya mau daptar bpum gmana caranya....
Mohon minta link ya pak/ibu🙏🙏🙏
Iyan
14 November 2020 - 20:54:18 WIB
Boleh minta link untuk pendaftaran bpum /ukm untuk kab Bekasi
Terima kasih
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)